Selasa, 11 Maret 2008

KERENDAHAN HATI

Kerendahan hati adalah suatu kondisi yang sangat diperlukan sebagai bentuk cinta kepada Allah. Belajat rendah hati dengan menyadari kelemahan diri. Dimana kita senantiasa sadar bahwa Allah menyertai kita. Yang paling berkuasa menarik kita dari belenggu kesulitan hidup, saat kita berada di 'The Last Frontier', garis paling pinggir pertahanan diri dan kesombongan.
Bahkan nyaris merangkak, seakan tak mampu bangkit dari keterhempasan diri dalam penderitaan hati.
Dari sini kita harus menyadari, betapa banyak kesalahan diri, perilaku yang tak patut, yang banyak kita lakukan. Baik yang disengaja, diingat, ataupun yang sudah terlupakan sama sekali. Kita telah larut dalam penganiayaan diri.
Tanpa kita sadari bahwa Allah mengawasi gerak gerik kita. Menyertai langkah kita. Selalu menyediakan 'TanganNya' untuk kita, pun bagi kita yang telah berlaku aniaya padaNya. Sedangkan Allah penuh kasih, tak pernah sekalipun berpaling. 'kenyataan' ini yang seharusnya membuka mata hati, bahwa kita selalu harus belajar mengikis Ego dan kesombongan dalam diri, yang kadang terbersit perlahan tanpa kita sadari.
Membiasakan diri banyak memohon ampunanNya, senantiasa berterima kasih dan bersyukur pada Nya sebagai sarana belajar rendah hati.
Mencintai Nya, juga belajar menerima segala apa pemberian Nya dengan ikhlas. Menerima nikmat dari Nya, pasti semua orang mau. Tapi menerima azab dan cobaan sebagai ujud kasih, agar kita kembali ke jalan Nya, benar-benar membutuhkan perjuangan hati. Karena di dalamnya terkandung Rahmat dan ampunan yang besar.

Tidak ada komentar: